WARGA GENGGELANG TASYAKURAN BENDA PUSAKA KEMBALI

Administrator 12 Oktober 2016 10:54:00 WIB

TANJUNG-Masih ingat kasus hilangnya benda pusaka milik warga Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU) belum lama ini? Kini benda pusaka yang hilang selama dua tahun tersebut sudah dikembalikan, dan pada Jumat (25/3) kemarin, dilakukan tasyakuran bertempat di Dusun Kerurak Desa Genggelang.

Hadir langsung pada tasyakuran tersebut, Wakil Bupati KLU, Sarifudin, SH dan Sekretaris Daerah KLU, Suardi. Dalam tasyakuran ini sendiri dipamerkan benda pusaka yang dikembalikan beserta benda pusaka lainnya milik warga desa setempat. “Acara ini adalah momentum yang sangat tepat tidak hanya untuk masyarakat Kerurak tapi juga untuk masyarakat Kabupaten Lombok Utara,” ujar Sarifudin saat memberikan sambutan.

Sarifudin sendiri mengapresiasi tokoh adat, tokoh masyarakat dan semua yang berperan dalam pelestarian benda sejarah seperti pusaka yang ada di Dusun Kerurak Desa Genggelang. “Insya Allah pemda (pemeritah daerah) akan menindaklanjuti dengan membuat perda (peraturan daerah) dan perbup (peraturan bupati) sebagai tindak lanjut untuk melestarikan apa yang kita miliki ini,” ujar Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB ini.

Menurut Sarif, pusaka yang ada di Desa Genggelang ini merupakan salah satu peninggalan yang sangat luar biasa yang dimiliki KLU. Peninggalan sejarah ini memiliki arti penting sebagai alat pemersatu masyarakat KLU itu sendiri. “Saya tegaskan bahwa benda sejarah ini tidak akan kita serahkan ke Museum NTB. Akan tetapi pemda akan membangunkan museum yang dihajatkan untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda sejarah yang ada di Kabupaten Lombok Utara yang kita cintai,” pungkasnya.

Sementara itu tokoh masyarakat genggelang, Imtiha , mengatakan, benda pusaka yang dipamerkan dalam tasyakuran tersebut sempat hilang selama dua tahun. “Masih banyak peninggalan sejarah di genggelang ini yang belum sempat diabadikan. Karena kekurang pahaman masyarakat akan benda pusaka dan sejarah, sehingga banyak yang dirusak bahkan mungkin diperjual belikan. Semoga dengan kembalinya pusaka ini akan semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya nilai sejarah yang ada,” jelasnya.

Komentar atas WARGA GENGGELANG TASYAKURAN BENDA PUSAKA KEMBALI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Genggelang

tampilkan dalam peta lebih besar